Home

Draft AD / ART Alumni

Leave a comment

Contoh Draft AD/ART

ANGGARAN DASAR

IKATAN ALUMNI SMP NEGERI 2 LELES

 

BAB I

NAMA DAN WAKTU PEMBENTUKAN

 

Pasal 1

 

(1) Organisasi ini diberi nama Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles , disingkat HIMAPADA (Himpunan

Alumni SMP dua).

(2) Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles dibentuk secara resmi pada tanggal …

 

BAB II

ASAS, DASAR DAN TUJUAN

 

Pasal 2

 

(1) Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles berasaskan pada Pancasila dan UUD 1945.

(2) Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles berdasarkan pada kekeluargaan dan gotong royong.

(3) Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles bertujuan :

a. Mewadahi aspirasi dan kebutuhan  alumni SMP Negeri 2 Leles; b. Menyatukan dan mempererat hubungan antara alumni SMP Negeri 2 Leles;

c. Memberikan kontribusi positif kepada  SMP Negeri 2 Leles, masyarakat sekitar dan Indonesia;

 

BAB III

LINGKUP KEGIATAN DAN STATUS

 

Pasal 3

 

(1) Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles melaksanakan kegiatan dalam lingkup almamater,

masyarakat sekitar Leles, dan Indonesia. (2) Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles adalah organisasi yang  independen.

 

BAB IV

ORGANISASI

 

Pasal 4

Keanggotaan

Anggota Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles adalah semua alumni SMP Negeri 2 Leles.

 

Pasal 5

Ketua Umum Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles

 

(1) Ketua Umum Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles dipilih berdasarkan rapat anggota.

(2) Masa Jabatan Ketua Umum Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles adalah dua (2) tahun dan dapat

dipilih kembali sebanyak-banyaknya satu kali.

(3) Ketua Umum Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles bertanggung jawab kepada Rapat

Anggota Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles pada akhir masa jabatannya atau sewaktu-waktu

bila diinginkan oleh rapat anggota.

 

Pasal 6

Rapat Anggota

 

(1) Rapat anggota adalah kekuasaan tertinggi dalam pangambilan keputusan.

(2) Rapat anggota terdiri dari rapat tahunan dan rapat luar biasa.

 

Pasal 7

Kepengurusan

 

(1) Pengurus Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles dipilih oleh Ketua Umum Himpunan Alumni SMP

Negeri 2 Leles atas persetujuan rapat anggota.

(2) Pengurus Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles sekurang-kurangnya terdiri dari ketua umum,

sekretaris umum, bendahara, sekretaris, dan bidang-bidang.

(3) Pengurus Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles bertanggung jawab kepada Ketua Umum

Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles.

(4) Masa Jabatan Pengurus Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles adalah dua tahun dan setelahnya

dapat dipilih kembali.

 

Pasal 8

Rapat Pengurus Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles

Rapat Pengurus diadakan menurut kebutuhan Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles dan wajib dihadiri oleh seluruh pengurus.

 

BAB V

LAMBANG

 

Pasal 9

Lambang Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles adalah

(Sedang Membuat Lambang)

 

BAB VI

KEUANGAN

 

Pasal 10

 

Keuangan Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles berasal dari :

(1) Iuran anggota;

(2) Sumber-sumber lain yang tidak mengikat;

(3) Usaha-usaha yang tidak bertentangan dengan hukum;

 

BAB VII

PERUBAHAN ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA

 

Pasal 11

Perubahan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga dilakukan melalui rapat anggota, dihadiri sekurang-kurangnya ¾ anggota dan disetujui oleh ¾ anggota yang hadir.

 

BAB VIII

PEMBUBARAN

 

Pasal 12

Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leleshanya dapat dibubarkan melalui rapat anggota luar biasa yang dihadiri paling sedikit ¾ anggota dan disetujui oleh ¾ anggota yang hadir.

 

BAB IX

ANGGARAN RUMAH TANGGA

 

Pasal 13

 

(1) Segala sesuatu yang tidak atau belum diatur dalam anggaran dasar ini akan diatur dalam

anggaran rumah tangga.

(2) Anggaran Rumah Tangga Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles ditetapkan oleh Rapat Anggota

Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles.

 

BAB X

PENUTUP

 

Pasal 14

Anggaran dasar ini disusun dan disahkan oleh Rapat Anggota Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles pada …

 

 

 

 

ANGGARAN RUMAH TANGGA

Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles (HIMAPADA)

 

BAB I

UMUM

 

Pasal 1

Dasar

 

Anggaran rumah tangga ini disusun berdasarkan pasal 13 anggaran dasar.

 

pasal 2

Wewenang dan Tanggung Jawab

Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles berwenang dan bertanggung jawab atas kegiatan yang dilaksanakannya.

 

BAB II

KEANGGOTAAN

 

Pasal 3

Pengesahan keanggotaan

 

Semua Lulusan /Alumni SMP Negeri 2 Leles secara otomatis menjadi anggota Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles.

 

Pasal 4

Pemberhentian

 

(1) Keanggotaan Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles hilang bila yang bersangkutan meninggal

dunia.

(2) Keanggotaan Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles hilang bila yang bersangkutan dinyatakan oleh

rapat anggota merugikan dan mencemarkan nama baik organisasi.

 

Pasal 5

Hak

 

Anggota HIMAPADA memiliki :

(1) hak mengeluarkan pendapat;

(2) hak memilih dan dipilih; (3) hak mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles;

 

pasal 6

Kewajiban

 

(1) Menjunjung tinggi dan mentaati peraturan yang ada dalam Anggaran Dasar / Anggaran Rumah

Tangga Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles dan peraturan yang berlaku di Himpunan Alumni

SMP Negeri 2 Leles;

(2) Menjaga nama baik organisasi dan almamater;

(3) Membayar iuran yang telah ditetapkan dalam peraturan-peraturan;

(4) Menjaga hubungan baik antar sesama anggota,  SMP Negeri 2 Leles, dan Lingkungan sekitar SMP

Negeri 2 Leles;

 

BAB III

ORGANISASI

 

Pasal 7

Kelengkapan organisasi

 

(1) Badan Pengurus Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles minimal terdiri dari ketua umum, sekretaris,

dan bendahara.

(2) Perangkat pengurus yang lain ditetapkan sendiri oleh ketua terpilih.

(3) Badan pengurus harus memiliki program kerja yang terencana.

 

Pasal 8

Hak, Wewenang, dan Kewajiban Pengurus

 

(1) Dalam menjalankan hak dan wewenang pengurus mempunyai kewajiban dan tugas untuk :

a. menyelenggarakan musyawarah, sidang, dan rapat;

b. menetapkan program kerja;

c. mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan

atas nama Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles;

d. membina hubungan baik dengan SMP Negeri 2 Leles dan badan atau organisasi lain;

(2) Pengurus Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles menjalankan hak, wewenang, dan kewajiban

berdasarkan ketentuan-ketentuan anggaran dasar/anggaran rumah tangga membuat dan

menetapkan peraturan yang belum diatur dalam anggaran rumah tangga.

(3) Dalam menjalankan tugas dan kegiatan kepengurusan, pengurus berhak menggunakan nama

Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles.

 

Pasal 9

Rapat Anggota

 

(1) Ada dalam lingkup Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles.

(2) Rapat anggota dinyatakan sah apabila dihadiri minimal 2/3 angkatan alumni SMP Negeri 2 Leles

dan tiap angkatan diwakili minimal ¼ dari jumlah anggota yang masih menjadi anggota Himpunan

Alumni SMP Negeri 2 Leles.

(3) Apabila jumlah anggota tidak mencapai forum maka rapat ditunda selama 2 x 30 menit, setelah

2 x 30 menit ternyata jumlah anggota belum mencapai forum maka jumlah anggota yang hadir

dianggap memenuhi forum.

(4) Keputusan rapat anggota diambil secara musyawarah, jika tidak tercapai mufakat, diambil suara

terbanyak, dengan ketentuan 2/3 dari jumlah anggota yang hadir.

(5) Segala keputusan rapat anggota harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab oleh seluruh

anggota.

 

Pasal 10

Ketua Umum

(1) Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles dipimpin oleh seorang ketua umum.

(2) Ketua Umum Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles dipilih dan diangkat melalui rapat anggota.

(3) kriteria ketua umum :

a. beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

b. Alumni SMP Negeri 2 Leles;

c. berdomisili di Negara Kesatuan Republik Indonesia;

d. syarat-syarat lain diatur dalam rapat anggota;

 

Pasal 11

Sekretariat

Sekretariat Pusat Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles berada di daerah dimana kepengurusan dapat berjalan efektif.

 

BAB IV

KEUANGAN

 

Pasal 12

Iuran Anggota

 

(1 ) Jumlah atau besarnya iuran anggota ditentukan berdasarkan rapat pengurus dan dikelola oleh

pengurus.

(2) Pengelolaan keuangan dilakukan secara transparan.

 

Pasal 13

Dana Kegiatan

 

(1) Dana kegitaan Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles adalah dana yang berasal dari iuran anggota,

dan atau sponsor perusahaan, atau secara pribadi dalam bentuk kerja sama yang saling

menguntungkan dan tidak mengikat.

(2) Semua dana yang masuk dan keluar ke dan dari Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles harus

sepengetahuan Pengurus Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles.

 

Pasal 14

Sumber Dana Lain

 

(1) Dana hasil kegiatan

a. Dana hasil kegiatan adalah dana yang diperoleh dari kegiatan Himpunan Alumni SMP Negeri 2

Leles yang lain;

b. Dana tersebut harus sepengetahuan Badan Pengurus Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles

dalam hal alokasi dana dan penggunaannya;

(2) Dana hasil kerja sama

Dana hasil kerja sama adalah dana yang diperoleh dari hasil kerja sama dengan pihak luar yang

saling menguntungkan.

(3) Dana insidentil

a. Dana insidentil adalah dana yang didapat dari berbagai macam sumber di luar Himpunan Alumni

SMP Negeri 2 Leles;

b. Dana insidentil tidak mengikat Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles.

 

Pasal 15

Pertanggungjawaban Keuangan

 

(1) Badan pengurus wajib mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan kepada rapat anggota

di akhir kepengurusan.

(2) Badan pengurus wajib mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan organisasi apabila

sewaktu-waktu diminta oleh rapat anggota.

 

BAB V

PERUBAHAN ANGGARAN RUMAH TANGGA

 

Pasal 16

Perubahan Anggaran Rumah Tangga Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles dapat dilakukan apabila disetujui oelh 2/3 jumlah anggota yang hadir dalam rapat anggota.

 

BAB VI

PERATURAN HIMAPADA

 

Pasal 17

 

(1) Segala sesuatu yang tidak atau belum diatur dalam anggaran rumah tangga ini, diatur dalam

Peraturan Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles. (2) Semua peraturan yang ditetapkan terdahulu dan bertentangan dengan anggaran rumah tangga

ini dinyatakan tidak berlaku lagi.

 

BAB VII

PENUTUP

 

Pasal 18

Anggaran Rumah Tangga ini telah disahkan Rapat Anggota Himpunan Alumni SMP Negeri 2 Leles, …. dan berlaku mulai tanggal ditetapkan.

 

 

 

Sentilan Lucu

Leave a comment

Silakan baca, cermati dan… nikmati!!!

Copas dari anggota grup “dakwah mudah”1. pacaran itu menjalin silaturahim | “silaturahim itu hubungan ke kerabat, bukan pacaran” #UdahPutusinAja

2. pacaran itu bikin semangat belajar | “semangat belajar maksiat?” #UdahPutusinAja

3. pacaran itu buat dia bahagia, itu kan amal shalih | “ngarang, btw, telah bahagiakan ibumu? ayahmu?” #UdahPutusinAja

4. pacaran itu sekedar penjajakan kok | “serius

nih penjajakan? ketemu ibu-bapaknya berani?” #UdahPutusinAja5. kasian kalo diputusin | “justru tetep pacaran kasian, dia dan kamu tetep kumpulin dosa kan?” #UdahPutusinAja

6. kasian dia diputusin, aku sayang dia | “putusin itu tanda sayang, kamu minta dia untuk taat sama Tuhannya, betul?” #UdahPutusinAja

7. putus itu memutuskan silaturahim | “silaturahim itu kekerabatan, sejak kapan dia kerabatmu?” #UdahPutusinAja

8. nggak tega putusin.. | “berarti kamu tega dia ke neraka karena maksiat? apa itu namanya sayang?” #UdahPutusinAja

9. aku nggak zina kok, nggak pegang2an, nggak telpon2an, kan nggak papa? | “nah bagus itu, berarti gak papa juga kalo putus” #UdahPutusinAja

10. aku pacaran untuk berdakwah padanya kok | “ngarang lagi, dakwahmu belum tentu sampai, maksiatmu pasti” #UdahPutusinAja

11. nanti putusin dia gw gak ada yg nikahin gimana? | “pacaran tak jaminan, realitasnya banyak yg nggak nikah sama pacarnya” #UdahPutusinAja

12. berat mutusin | “semakin berat engkau tinggalkan maksiat untuk taat, Allah akan beratkan pahalamu :)” #UdahPutusinAja

13. nanti aku dibilang nggak laku gimana? | “bukan dia yang punya surga dan neraka, abaikan saja” #UdahPutusinAja

14. kalo aku putusin dia, dia ancam bunuh diri | “belum apa2 pake anceman psikologis, dah nikah dia bakal ancem bunuh kamu!” #UdahPutusinAja

15. dia masi ada utang ke aku, berat mutusinnya | “hehe.. kamu ini rentenir ya? kl terusan hutangnya malah nambah” #UdahPutusinAja

16. pacaran itu makan waktu, makan duit, makan hati | mending waktu, duit dan hati diinvestasikan ke Islam, #UdahPutusinAja

17. pacaran memang tak selalu berakhir zina, tapi hampir semua zina diawali dengan pacaran, #UdahPutusinAja

18. pacaran itu disuruh mengingat manusia, bukan mengingat Allah | melisankan manusia bukan Allah, #UdahPutusinAja

19. pacaran itu bikin ribet, dikit2 bales sms, dikit2 telpon, dikit-dikit minta dikirim pulsa (wah, sms mamah baru nih) #UdahPutusinAja

20. pacaran itu dikit-dikit galau, dikit-dikit galau, galau kok dikit-dikit? hehe.. #UdahPutusinAja

21. lelaki, coba pikir, senangkah bila engkau menikah lalu ketahui bahwa istrimu mantan ke-7 laki-laki berbeda? #UdahPutusinAja

22. wanita, coba pikir, inginkah berkata pada suamimu pasca akad kelak “aku menjaga diriku utuh untukmu, untuk hari ini :)” #UdahPutusinAja

Samaa International Festival (Jadwal)

Leave a comment

برنامج عروض الدورة الخامسة

لمهرجان سماع الدولى للإنشاد والموسيقى الروحية

اولاً : القلعة ” مسرح بئر يوسف “

 

الأحــد

10 رمضان

29يوليـــو

الأثنيــن

11 رمضان

30يوليـــو

الثلاثـــــاء

12 رمضان

31يوليـــو

الأربعــاء

13 رمضان

1أغسطس

الخميس

14 رمضان

2أغسطس

الجمعــة

15 رمضان

3أغسطس

السبـت

16 رمضان

4أغسطس

الأحـد

17 رمضان

5 أغسطس

الأثنيـن

18 رمضان

6أغسطس

الثلاثـاء

19 رمضان

7أغسطس

الأربعاء

20 رمضان

8 أغسطس

 

حفل الأفتتاح  الرسمى للمهرجـــان

جميع الفرق

باكستان

 

 

زامبيا

 

اليمــــن

الصيــن

 

 

امريكـا

 

الهنـــد

الورشة الدولية الأولى

مصر،  امريكا ؛ إندونيسيا اليمن ، العراق، زامبيا ، باكستان ، الصين

بقيادة الفنان انتصار عبد الفتاح

امريكـا

 

اليمن

 

ألمانيا

الصين

 

فرنسا

 

الأكوادور

 

الإمارات

إندونيسيا

مصر “السباعية”

 

تركيا

الجزء الاول مصر

 “سماع “

الجزء الثانى

ورشة دوليه

زامبيا

اليمن

فرنسا

ألمانيا

مصر

 

تونس

 

الأمارات

 

البوسنة

اليمن

 

أسبانيا

 

أوكرانيا

حفل ختام مهرجان سماع جميع الفرق والتكريمات والإعلان عن الدورة القادمـة

 ـ فعاليات الشارع الأعظم :” معارض فنية مصرية ـ حرف تقليدية مصرية ـ  ملابس فولكلورية ـ معرض الرسم على الماء تركيا ـ معرض فرمانات السلام تركيا ـ معرض الخط العربي ” الصين” ـ …. انتظرونا

 

ثانيًا : قبة الغورى ” مسرح صحن القبة ”

 

الأثنيــن

11 رمضان

30يوليـــو

الثلاثـــــاء

12 رمضان

31يوليـــو

الأربعــاء

13 رمضان

1أغسطس

الخميس

14 رمضان

2أغسطس

الجمعــة

15 رمضان

3أغسطس

السبـت

16 رمضان

4أغسطس

الأحـد

17 رمضان

5 أغسطس

الأثنيـن

18 رمضان

6أغسطس

الثلاثـاء

19 رمضان

7أغسطس

 العراق

 

الصين

 

إندونيسيا

 

تركيا

 

زامبيا

 

باكستان

اليمن

 

مصر “السباعية”

 

العراق

أذربيجان – العراق

الورشة الدولية الثانية مصر،امريكا، اندونيسيا، زامبيـــا

 بقيادة الفنان انتصار عبد الفتاح

الصين

 

الإمارات

 

المغرب

أذربيجان

 

 

العراق

 

الهند

تركيا

 

فرنسا

 

اوكرانيا

تونس

 

أذربيجان

 

البوسنة

معارض قبة الغورى الفنية : خط عربي ـ الات موسيقية تراثية من دول العالم المختلفة ـ … انتظرونا

 

* تبدا الفعاليات فى التاسعة والنصف مساءً يوميا

* يرجى الحضور قبل الفعاليات بنصف ساعــــة

للأستعلام :25060228-37485603-27357001

Hanya 2 Menit

2 Comments

hanya 2 menit

Buku lanjutan dari 7 Keajaiban Rezeki ini juga tak kalah menarik. Melihat judul bukunya saja sudah sangat menggiurkan. Ide gila macam apa lagi yang mau disampaikan Mas Iphho? Buku yang membahas tentang mindset, passion, value dan model ini lebih menekankan pada action dan model yang harus dimiliki oleh seorang yang ingin sukses berbisnis. Tak heran jika pada buku ini banyak diceritakan kisah-kisah inspiratif mereka yang sukses keluar dari belenggu menyakitkan- kemiskinan. Apalagi motivasi kuatnya adalah dengan korelasi yang mendalam bahwa Rasulullah sekalipun tercatat sebagai pebisnis yang handal.

Aku mendapat banyak hal dari buku yang isinya hanya sekitar seratus lima puluh lembar ini. Untuk membacanya pun tak perlu banyak waktu. Sehari saja sudah bisa sambil ongkang-ongkang. Hehehe… Namun jangan salah, membaca saja tak cukup. Lebih dari itu kita harus mencerna matang-matang apa yang hendak disampaikan Mas Iphho yang begitu berbobot ini. Paling tidak, buku ini banyak menyinggung dua poin penting, yaitu mindset dan model. Mungkin dalam kaitannya dengan mindset inilah banyak yang tidak menyadari dirinya terbelenggu kemiskinan. Padahala disini dijelaskan, kendatipun benar-benar dalam keadaan miskin harta jangan sekali-kali bermental miskin, entah itu tercermin dari kenyamanan meminta-minta atau merasa diri tak berkelimpahan. Padahal dasar dari manusia sendiri sudah sangat “kaya”. Bayangkan jika ada orang yang berniat menebas telinga anda dan membayar senilai ratusan juta, bersediakah anda? Begitu Mas Iphho mencoba mendeskripsikan betapa mahalnya karunia terhadap manusia, bahkan tak ternilai harganya. Maka dari itu jangan biarkan mental miskin kita pelihara. Apalagi ditularkan ke orang lain, Hehehe… Bisa melarat se RT tuh, Hahaha… Hati-hati pula dengan kata-kata yang terkesan tegar padahal sangat menjatuhkan. Misalnya biar miskin yang penting tetap sabar. Boleh jadi itu menguatkan, tapi secara tidak langsung  kita membiarkan diri kita tetap miskin. Wong yang kaya aja harus tetap sabar. Kalo toh masih bisa kaya kenapa pilih miskin? Hayo! terus banyak juga anggapan bahwa kaya itu cenderung pelit, sombong dan mudharat. Sejauh ini tak ada yng bisa memastikan hal itu tetap terjadi pada diri yang kaya, lha wong sing miskin juga masih bisa sombong, apa gak kebangetan tuh?? hehe…

Sudahlah, kita memang harus belajar banyak dari buku ini. terlebih masalah mindset dan model yang harus memotivasi diri untuk tetap kaya. Jangan mencari-cari alasan kemiskinan dengan mencari model, entah itu kawan atau idola sekalipun yang miskin. Apalagi Rasulullah dan sahabat juga orang kaya yang thaat, tentu kita sangat dianjurkan untuk meneladani mereka. Tak ada lagi alasan miskin kecualai memang tak mau kaya, tapi ingat yang tak mau kaya kira-kira orang macam apa ya? wong anak kecil yang belum bisa jalan aja sudah mau kaya. hehe…

Alhamdulillah, yang jelas bertambah lagi pengetahuan meski sedikit. yan penting masih bisa mengisi waktu liburan dengan hal yang bermanfaat… terimakasih buat yang sudah meminjamkan bukunya, hehe (lag-lagi gratisan, hehehehe). Semoga kita menjadi pribadi yang bermental kaya dan benar-benar kaya serta terus bersyukur. Aamiin… 🙂

7 Keajaiban Rezeki

Leave a comment

7 Keajaiban Rezeki

Awalnya hanya menjalankan hobi. Apalagi musim liburan, ya… mau tidak mau harus mempersiapkan dan mengisinya dengan seabrek aktifitas yang dinilai bermanfaat. Meski pada mulanya terkesan sok rajin namun memang “tuli” akan pendapat orang lain harus lebih dikedepankan dalam kondisi seperti ini. Hehehe.

Buku 7 Keajaiban Rezeki karya Mas Ippho Santosa menjadi objek liburan saat ini. Sejak mengikuti seminarnya aku sangat penasaran dengan isi buku yang katanya super ajaib ini. Namun apa boleh buat, saat itu ujian sudah sangat dekat, bukunya pun tak ada, hmmm. Akhirnya aku mengagendakan untuk dibaca saat liburan. Karena keseriusan, meski tak punya bukunya namun ada teman yang meminjamiku buu menarik tersebut. Terimakasih ‘Amu Syem atas pinjamannya. Semoga diberkahi rezeki melimpah, amin.

Bukunya  tak terlalu tebal, tapi bisa dipastikan, anda yang membaca buku ini akan dijejali banyak pengetahuan terutama tentang rezeki. Aku tak harus heran lagi dengan  “keajaiban” masterpiece Mas Ippho ini. Dari awal aku melihat video tayangan seminarnya aku sudah berdecak kagum. Terlebih dengan mengikuti seminarnya langsung yang dilaksanakan tanggal 3 Mei di auditorium Al-Azhar Conferention Center – Cairo. Dalam wakt yang hanya beberapa jam saja Mas Ippho berhasil menyihir ratusan peserta seminar yang mayoritas mahasiswa Al-Azhar itu. Tak tanggung-tanggung donasi yang berhasil dikumpulkan mencapai 13 ribu pound Mesir dengan beberapa benda berharga lainnya. Sungguh sangat diluar dugaan untuk kantong mahasiswa yang serba terbatas.

Salut akan karyanya ini makin menebal seiring lenyapnya lembaran demi lembaran buku yang sedari pagi hari ada ditanganku. Didalamnya yang memuat 7 keajaiban rezeki yang terangkum dalam :  sidik jari kemenangan, sepasang bidadari, golongan kanan, simpul pedagangan, perisai langit dan pembeda abadi serta pelangi ikhtiar. Paling tidak, aku menggaris bawahi beberapa poin penting dari buku ini. “Keunikan” manusia yang dibawa sejak lahir dilengkapi dengan keselarasan “sepasang bidadari” yang menjadi fondasi kuat limpahan rezeki. Kemudian penjelasan mengenai golongan kanan yang sangat menarik dalam kondisi seperti sekarang ini– bahkan dikatakan minoritas. Selain itu juga bahasan tentang perdagangan yang ternyata tak lepas dari kata Islam, dengan kata lian relasi keduanya amatlah erat. Lanjutannya adalah mengenai penegsan law of causality dari-Nya yang secara universal berlaku untuk setiap makhluk, dengan senjata lima ruas perisai langit yang menguak keajaiban rezeki; pemberian, sholat, sikap, perkataan dan perbuatan. Selain itu buku ini juga berisi bahasan tentang pembeda abadi yang berciri khas memaksimalkan kekuatan daripada bertumpu pada memperbaiki kelemahan. Dan pada bagian akhir buku ini menjelaskan pelangi ikhtiar yang mencakup; impian, tindakan, kecepatan, keyakinan, pembelajaran, kepercayaan dan keikhlasan. Yang menarik adalah bahasan tentang biangnya keajaiban yang ternyata adalah Al-Quran.

Seminar 7 Keajaiban Rezeki di ACC – Kairo, 3 Mei 2012

Pada mulanya aku merasa bosan dengan buku yang terlalau bersahabat untuk dibaca ini. Apalagi bahasany yang santai seolah tidak ada keseriusan.  Namun justru dengan cara inilah Mas Iphho “mengelabui” pembacanya untuk sukses. Hal serupa juga aku rasakan pada saat seminar. Menit pertama tentu tak berarti apa-apa, sepuluh menit kemudian aku tak merasa tertarik dengan obrolannya. Setengah jam kemudian masih datar-datar saja, sejama bahkan sampai akhir seminar terasa biasa-biasa saja. Tapi santai Mas Iphho, hehe… Rupanya banyak yang masih tetap sedrerhana dengan apa yang didapat, masih tetap rendah hati dengan apa yang diraih. Nyatanya jiwa kami jadi membesar setelah seminar ini, mental kaya kami terukir kembali lengkap dengan kesiapan untuk menjadi pribadi yang kaya. Banyak sekali manfaat yang tak mungkin bisa dicatat– apalagi hanya dalam sebuah postingan blog, hehe… Toh Mas Iphho akan merasakan perannya sebagai manusia yang telah menularkan manfaatnya untuk yang lain.

Ala kulli haal, Mas Iphho telah banyak menginspirasi para pebisnis baru, bahkan yang tadinya tak tahu sama sekali dunia bisnis. Keunggulannya adalah dengan mengenalkan pada bisnis yang tak mengenal rugi– sedekah. Alhamdulillah

Ranah 3 Warna

2 Comments

Ranah 3 Warna

Pantas jika Al-Quran memerintahkan manusia dalam wahyu pertamaNya, Bacalah! Banyak hal yang didapat dengan membaca. Salah satu diantaranya adalah semanagat hidup yang akhir-akhir ini banyak menyelinap dan menghilang dari badan tegap sekalipun. Padahal keberadaan semangat hidup sangat mendorong seseorang untuk bisa menikmati dan menghayati hidup. Ada banyak buku yang bisa dibaca guna memancing semangat hidup yang dimaksud.

Alhamdulillah, aku menghabiskan waktu seharian ini dengan sebuah buku karya Bang Ahmad Fuadi. Ranah 3 Warna. Melihat judulnya saja aku sudah sangat penasaran, paling tidak pertanyaa membabi buta muncul dibenakku. Apa saja isi ceritanya, siapa dan bagaimana kejadiannya. Benar saja, setelah kubaca dengan penuh rasa penasaran, buku ini banyak menginspirasi dan menambah kuat semangat hidupku.

Pada buku pertamanya, Negeri 5 Menara, Bang AF menceritakan gambaran kehidupan di pesantren. Aku sudah sangat respek dengan buku itu. Bahkan aku yang kebetulan hadir pada launching buku pertamanya di Al-Azhar-Jakarta langsung menyergap buku itu lengkap dengan tanda tangan penulis. Photo bareng juga tak aku lewatkan. Kebetulan saat itu ada banyak teman-teman yang ikut karena acara launcing buku juga bagian dari acara Silaturahmi Akbar Alumni Pondok Modern.  Bahkan dalam kesempatan itu hadir beberapa tokoh penting  seperti diungkapkan dalam novel tersebut. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, KH. Hasan Abdullah Sahal selaku pimpinan pondok modern Gontor. Duduk bersampingan bersama beliau, KH. Mahrus Amin, pimpinan pondok modern Daarun Najah dan KH. Hidayat Nur Wahid serta Menpora, DR.  Adhiyaksa Dhault. Aku bahagia bisa turut hadir ditengah tokoh nasional yang juga kebangga ummat seperti para pimpinan pesantren ini. Kebahagiaan itu semaki lengkap dengan suguhan istimewa karya salah satu putera terbaiknya, Bang Ahmad Fuadi (Negeri 5 Menara) yang juga sahabat dari pembimbing yang memberangkatku ke Mesir ini.

Buku itu sangat menarik dengan isi yang sangat kental nuansa kehidupan pesantren. Tidak berhenti disana, ternyata di buku keduanya ini (Ranah 3 Warna) Bang AF kembali mendeskripsikan nilai-nilai religi buah dari pengalamanny selam mondok di pondok madani seperti diceritakan dalam novel. Ia membawa misi dakwah sampai ke negeri yang ia pijak. Ranah 3 Warna menjadi medan dakwah yang ia sampaikan dalam bentuk karya yang digariskan pena. Beberapa negara menjadi latar cerita tersebut.

Buku ini sangat menginspirasi, jujur aku tak sedang promo atau sekadar memberikan testimoni. Lebih dari itu aku merasakan manfaat yang luar biasa. Terlebih dengan kesamaan kondisi yang sama-sama alumni pondok, lebih paranya lagi aku hanyalah jebolan pondok salaf / tradisional. Dengan kehadirannya, aku menjadi menemukan banyak hal dan perlahan menutupi prasangka banyak orang yang mengira bahwa lulusan pesantren hanyalah menguasai mushala lengkap dengan penghukuman “masa depan suram” alias madesu. Novel ini membantu menjelaskan bagaimana pendidikan pesantren seharusnya dibanggakan dengan penerapan nilai religi yang terkandung didalamnya.  Bahkan lebih terangnya lagi, disini mengisahkan seorang lulusan pondok yang sukses dengan segudang prestasi. Hal ini juga diharapkan bisa menjadi motivasi khususnya bagi kalangan santri  untuk selalu berhusnudhan dan selalu optimis dengan setiap tantangan masa depan.

Sekedar Menguatkan Tekad

6 Comments

Nampaknya peristiwa yang dulu pernah terjadi kini akan terulang kembali. Aku tak bisa berbuat banyak– inilah jalan yang harus kutempuh. Bahkan ego inilah yang perlahan mengantarkan pada ketenangan. Dengan begitu tak perlu ada rasa ragu dengan apa yang diyakini, pastikan ini jalan terbaik.

Pendidikan, alasan yang kuelu-elukan harus bisa menjawab apa yang selama ini mereka tunggu. Disamping itu, sederet target juga harus kupegang teguh. Aku akan terus berjalan, berpedoman setelah berpendirian. Biar orang terdekat yang membantuku berjalan meski tertatih.

Komitmenku untuk tidak memulai lebih dulu– akan terus kupegang. Meski berakibat tidak akan ada permulaan, namun aku lebih memilih menjeput “indah” itu pada waktu yang tepat. Tak usah kupersiapkan sedini mungkin. Apalagi bermain dengan sesuatu yang belum pasti. Bukan pula tanpa usaha, aku hanya tak ingin kendaliku dikendalikan.

Maaf jika tanya tak kujawab, sedih tak kuperdulikan. Sungguh ini adalah sebuah pilihan. Semoga ini menjadi perjalanan menuju firdausNya. Bekal menjemput “indah” yang diimpikan dan kesunyian yang kelak menyatukan. Dan aku… akan membahagiaan apa dan siapa yang ingin dan harus kubahagiakan.

#bukan untuk dibaca… 😀 (yakin.. hanya saya yang faham)

Older Entries