Grup Nasyid ”Dai Nada” Ramaikan Ramadan di Dubai
dai2
Rabu, 31/07/2013 – 06:33
KJRI DUBAI/”PRLM”GRUP nasyid ”Dai Nada” tampil memukau saat menghibur warga Indonesia dan warga negara asing di PEA.*
DUBAI, (PRLM).- Ramadan 1434 H tahun 2013 di PEA kali ini menjadi istimewa dengan kehadiran grup nasyid asal Indonesia, ”Dai Nada”. Grup nasyid tersebut tampil menghibur masyarakat di 6 kota utama di PEA selama lebih dari 1 minggu sejak pertengahan bulan Juli 2013 hingga akhir pekan lalu.

Penampilan mereka di PEA atas undangan resmi dari Kementerian Kebudayaan, Pemuda, dan Pengembangan Masyarakat PEA yang secara khusus hanya mendatangkan mereka untuk tampil mengisi kegiatan keagamaan di bulan suci Ramadan 1434 H. Sebanyak 9 orang anggota ”Dai Nada” tampil di kota Abu Dhabi, Al Ain, Sharjah, Ras Al Khaimah, Fujairah dan Dubai.

Penampilan acapella ”Dai Nada” sangat memukau para warga yang hadir, baik warga setempat maupun warga Indonesia dan warga asing lainnya. Turut menyaksikan langsung di Fujairah dan Ras Al Khaimah serta Dubai, Acting Konsul Jenderal RI Dubai, Heru Sudradjat dan beberapa staf KJRI Dubai. Sementara penampilan di Dubai juga disaksikan oleh Wakil Menteri Kebudayaan, Pemuda dan Pengembangan Masyarakat PEA Bidang Kebudayaan dan Seni, Bilal Al Bdour, dan Ketua Komite Budaya pada the Dubai Cultural and Scientific Association, Ali Obaid Al Hamli. Dalam kesempatan penampilan di Dubai kedua pejabat PEA dan Dubai tersebut juga memberikan plakat kenang-kenangan kepada grup nasyid ”Dai Nada” yang diteima langsung oleh pimpinan grup, Nur Akhyari.
dai1
Penampilan ”Dai Nada” yang berlangsung di gedung pusat kebudayaan milik Kementerian Kebudayaan, Pemuda dan Pengembangan Masyarakat PEA yang ada di masing-masing kota tersebut, berlangsung sekitar 1 jam. Grup ini menyanyikan berbagai lagu yang bertemakan Islam maupun pesan moral, tema kemasyarakatan dan kontemplasi dalam bahasa Inggris, Arab dan Indonesia. Lagu unggulan yang dibawakan diantaranya adalah Qalbi, Just Giving Once, Yaa Allah, Ahlan Wasahlan Yaa Ramadan, Give Thanks to Allah, serta lagu Indonesia ”Tombo Ati” dan lagu wajib ”Indonesia Tanah Air Beta” yang turut mengharu biru perasaan para penonton warga Indonesia.

Menanggapi penampilan ”Dai Nada” yang mendapat kehormatan diundang khusus tampil di PEA ini, Acting Konjen Heru Sudradjat menyatakan suka citanya dan rasa apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah PEA yang telah memberikan kepercayaan kepada pemusik Indonesia, khususnya grup musik nasyid ini, untuk tampil di depan publik di berbagai kota di PEA. Ditambahkan bahwa dengan kehadiran grup ini diharapkan dapat lebih memperkenalkan kekayaan khasanah budaya Indonesia yang tertuang melalui seni musik nasyid yang banyak dipengaruhi juga dengan latar belakang budaya Arab dan Timur Tengah.

Acting Konjen Heru Sudradjat juga menyampaikan kekagumannya dan ucapan selamat kepada seluruh anggota grup ini yang telah tampil dengan sangat prima dan memukau, sebagaimana yang selama ini sering muncul dalam klip video mereka yang diputar di beberapa stasiun televisi negara di Timur Tengah, maupun melalui media internet.

Sementara itu, Wakil Menteri Bilal Al Bdour menyatakan bahwa ketertarikan pemerintah PEA terhadap grup nasyid ”Dai Nada” berawal dari eksistensi grup ini yang memang sudah banyak dikenal di kawasan Timur Tengah dan sering muncul di televisi maupun berpartisipasi dalam berbagai festival seni musik Islam di beberapa negara Timur Tengah dan Eropa. Ditambahkan pula bahwa penampilan grup nasyid ini di berbagai kota di PEA merupakan bagian dari program kegiatan tahunan Kementerian Kebudayaan, Pemuda dan Pengembangan Masyarakat PEA. Kegiatan ini merupakan perwujudan dari program ”Strategi Budaya 2011-2013” Pemerintah PEA, dalam rangka menggiatkan kegiatan budaya di seluruh wilayah PEA.

Menanggapi penampilan di PEA, pimpinan grup nasyid “Dai Nada”, Nur Akhyari, menyatakan kegembiraannya dapat memenuhi undangan Pemerintah PEA untuk tampil di PEA pada Ramadhan 1434 H kali ini. Nur Akhyari menyampaikan pula bahwa sebelumnya sudah dua kali Pemerintah PEA mengundang grupnya untuk tampil di PEA, akan tetapi belum dapat dipenuhi karena padatnya jadwal kegiatan grup ini.

Grup nasyid ”Dai Nada” merupakan grup musik nasyid Indonesia yang terbentuk tahun 2004 dan berdomisili di Kairo, Mesir. Grup ini dimotori oleh para mahasiswa Indonesia dari beragam daerah di Indonesia yang sedang melanjutkan pendidikan di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir. Saat ini beranggotakan 15 orang yang sebagian sudah merupakan generasi ketiga dan keempat di grup ini.

Keberadaan ”Dai Nada” sudah dikenal di sebagian besar negara di kawasan Timur Tengah, karena seringnya tampil di berbagai festival internasional dan juga televisi di beberapa negara di kawasan. Grup ini juga mendapat dukungan sangat positif dari Kedutaan Besar RI di Kairo dan telah pula beberapa kali bekerja sama dengan pihak Kementerian Kebudayaan Mesir melakukan lawatan ke berbagai kota di dalam negeri maupun ke banyak negara dalam rangka ”Peace Festival”, seperti Jerman, Austria, Italia, Aljazair dan Maroko. Grup ini pernah pula tampil dalam acara ”The Samaa International Festival for Sufi Music and Chanting” di Kairo, Mesir serta Konser Amal untuk Rakyat Palestina di kota Alexandria, Mesir. Pada tahun 2008 grup ini telah mengeluarkan album nasyid rekaman mereka sendiri.(A-147)***

 

sumber : Pikiran Rakyat