KH. Amin Bunyamin, Lc

KH. Amin Bunyamin, Lc (pimpinan Ponpes Cipari – Garut)

Sosok ulama Garut yang satu ini telah banyak menginspirasi hidupku, beliau   adalah ulama yang sekaligus umara, beberapa periode beliau menjadi anggota DPR-RI, kendatipun demikian beliau tidak melupakan tugas utamanya dalam mengayomi ummat. Pa haji, begitu panggilan akrab ayahku yang juga salah satu santri beliau semasa mondok di pondok pesantren Cipari. Pribadi yang dikenal ramah dan berwibawa ini adalah salah satu penerus KH. Yusuf Tauziri (salah satu ulama besar di kabupaten Garut), seperti diketahui pada tahun 1933, KH. Haromain meninggal dunia dan kepemimpinan pesantren dilanjutkan oleh putra putri beliau H. Abdul Kudus, KH. Yusuf Tauziri dan Hj. Siti Quraisyin.

Bapak begitu bangga menjadi salah satu murid beliau, terlebih memang beliau juga menganakemaskannya, beliau beberapa kali berkunjung ke rumah kami, ini menjadi kebahagiaan tersendiri, bisa diziarahi oleh orang yang shalih, menjadi idola. Begitupun sebaliknya, kami juga sering ziarah ke rumah beliau di komplek ponpes Cipari, sembari bernostalgia, bapak memanfaatkan momen indah ini dengan berkonsultasi, maklum saja, beliau tidak hanya ulama dalam bidang ilmu agama, tapi juga piawai dalam bidang yang lain.

Nasihat beliau ini juga sering jadi jargon bapak untuk memberi semangat pada anaknya, termasuk aku. Masih hangat dalam ingatanku ketika aku diberi kesempatan pulang  ketanah air pada tahun 2011 silam. Beliau saat itu dalam kondisi sakit dan berjalan dengan kursi roda, meski demikian beliau masih mengingat bapak dan sempat mendoakanku agar dipermudah dalam mencari ilmu di almamaternya yang jadi kebanggaan kami (baca : Al-Azhar University).

Memang beliaulah yang begitu menginspirasiku untuk melanjutkan studi ke Mesir, bapak sering bercerita banyak tentang beliau, bapaklah yang memberitahukanku tentang tingginya ilmu beliau, hal ini yang membuatku semakin yakin bahwa beliau memang termasuk ulama yang disegani di Garut. Bahkan guruku semasa nyantri dulu, KH. Rd. E. Fakhruddin sering menceritakan sosoknya yang begitu cakap dalam tiap bidang, tak ayal ini menunjukkan kiai yang serba bisa, suatu ketika Umi (istri guruku) sempat menanyakan cita-citaku ketika kami ngobrol bersama, saat itu memang aku begitu ngotot ingin jadi anggota Dewan atau diplomat. Nah, akang (panggilan KH. Rd. E. Fakhruddin) langsung menyambut ungkapanku itu dengan mencontohkan Pak Haji, “tong kagok nyiar elmu mah, mun rek jadi pejabat tuh siga haji Amin” Ungkap beliau seraya mengakui peran KH. Amin Bunyamin, Lc.

Rasanya pak haji  Amin tidak hanya menginspirasi hidupku, tapi juga santri yang lain. Sering kudengar ungkapan masyarakat sekitarku yang kebetulan kenal beliau, apalagi ketika beliau mencalonkan diri sebagai caleg, hampir  90% masyaraat di desaku memilih beliau.

Senin, 2 April 2012 belaiu pulang keharibaanya, mendengar kabar ini tentu aku sangat kaget, betapa tidak, orang yang selama ini menjadi inspirasiku telah menghadap sang Khalik, meski aku berharap ingin bertemu beliau setelah selesai studi, namun takdir berkata lain, aku hanya bisa menghela nafas panjang seraya berdoa, semoga beliau Allah tempatkan di tempat yang paling mulia disisiNya, dan semoga banyak santri yang bisa menapaki jejak almarhum. Aamiin yaa mujiibas saailin.

Tak berarti kecewa dengan hal ini, tapi tentu siapapun akan merasa keberatan jika ditinggalkan orang yang paling dikagumi, kabar ini juga sempat disembunyikan orang tuaku, karena mungkin bapak tahu bagaimana aku begitu mengidolakannya, dan akan sangat terpukul dengan kabar duka ini, tapi, segalanya tetap akan kembali kepadaNya, tak ada alasan untuk meratapi duka, tapi justru hikmah dari peristiwa ini yang harus aku petik, ya, aku harus bisa menjadi generasi yang paling tidak, harus bisa melanjutkan penjuangan beliau. InsyaAllah.

(Dalam kenangan) Biografi almarhum.

Nama Lengkap                         : K.H. DR.  Amin Bunyamin,. Lc. Hc.
Tempat & Tanggal Lahir     : Garut, 16-Juli-1940
Agama                                    : Islam
Nama Istri                            : Nyimas Masriah
Jumlah Anak                       : 5 (lima) orang Orang
Alamat Kantor                    : Gd. Nusantara I Lt. 16 R. 1627 Jl. Gatot Subroto Gd. DPR/MPR RI  Jkt.
RIWAYAT PENDIDIKAN
1         Kuliyatul Mualimin 1964
2         Al Azhar Cairo, Mesir Fakultas Syariah 1975
RIWAYAT PEKERJAAN
1        Ketua Yayasan Ponpes Cipari 1977- Skrg
2        Dosen Fakultas Syariah Musadadiyah 1978-1997
RIWAYAT JABATAN PADA LEMBAGA PEMERINTAHAN
–         Anggota DPR RI 1997 – 2000
PENGALAMAN/JABATAN PADA ORGANISASI
1         Ketua Cabang PII Garut Timur
2         HMI Cabang Garut
3         Sekretaris Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Cairo
4         Anggota Pelajar Islam Indonesia 1960
5         Wakil Ketua Cab. PII Garut Timur
KEANGGOTAAN/JABATAN DI DPR
1         Komisi IX
2         Fraksi PPP
PENGHARGAAN/TANDA JASA
–         Honorary Doctor dari Harvard atas kontribusi dalam Pembangunan Demokrasi di Indonesia
Advertisements